Penyerahan Buku Agenda dan Senam Bersama Menandai Pencanangan Dies Natalis ke-59 UNY

Universitas Negeri Yogyakarta mengawali rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 dengan menyelenggarakan acara Pencanangan yang ditandai dengan penyerahan Buku Agenda Dies oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes kepada Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si. Acara dilanjutkan dengan senam bersama dan pembagian doorprrise dengan hadiah utama TV Flat 53” yang diikuti oleh dosen, tendik, dan mahasiswa UNY.
Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa Dies Natalis ini merupakan yang pertama setelah UNY menjadi PTN-BH. Dies Natalis UNY ke-59 mengambil tema Bersinergi Mewujudkan UNY PTN-BH yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan.  Perubahan status PTN-BH  ini memperteguh komitmen UNY sebagai salah satu universitas kependidikan di Indonesia yang mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional dengan menciptakan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang semakin berkualitas. Untuk itu diperlukan sinergitas seluruh komponen  untuk meningkatkan dalam peran dan layanan kepada masyarakat diberbagai bidang.
Sementara itu Dekan FMIPA menjelaskan bahwa penetapan tema dies dilatarbelakangi oleh misi UNY dalam menyelenggarakan pendidikan jalur akademik, vokasi, dan profesi yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan; menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu sains dan teknologi, sosial humaniora, olahraga-kesehatan, dan senibudaya; menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan bagi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat; menyelenggarakan dan membangun jejaring yang berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional; dan menyelenggarakan tata kelola kelembagaan, layanan, dan penjaminan mutu yang transparan dan akuntabel.
“Oleh karena itu kami berharap semangat bergotong royong seluruh warga UNY terus berkembang untuk menjamin keberhasilan UNY sebagai PTN-BH yang kokoh dalam merealisasikan semangat ‘Tenar Lembagaku, Sejahtera Wargaku’ yang digaungkan Rektor” harapnya.
Sebanyak 67 kegiatan baik akademik seperti seminar, lomba mahasiswa, gelar UMKM,  kesenian seperti festival dalang cilik,  pentas wayang kulit, dll. Bidang olahraga diantaranya lomba tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, bolavoli, dkk. Bidang sosial yaitu kunjungan ke panti asuhan, bakti sosial dll. (witono)