You are here
Menciptakan Pengalaman STEM yang Imersif: Menggunakan Google AR dan Minecraft Education untuk Pembelajaran Terpadu: Kuliah Umum Jurdik Biologi Bersama Dosen UiTM Malaysia
Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam melakukan kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Guest Lecture. Kegiatan dilakukan pada hari Kamis (14/11/2024) di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY. Kegiatan ini dilaksanakan berupa kuliah umum bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi bersama Mohamad Hisyam Ismail, Ph.D & Muhamad Furkan Mat Salleh, Ph.D, tentang topik ‘Creating Immersive STEM Experiences: Using Google AR and Minecraft Education for Integrated Learning’.
Dalam kuliah ini membahas bagaimana teknologi seperti Google AR (Augmented Reality) dan platform Minecraft Education dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mendalam. Teknologi ini memungkinkan siswa untuk lebih memahami konsep-konsep sains (khususnya biologi), teknologi, teknik, dan matematika melalui eksplorasi virtual yang menyenangkan.
Dengan Augmented Reality (AR), para mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana visualisasi digital dapat membantu mempelajari struktur biologis, ekosistem, dan proses ilmiah lainnya. AR memungkinkan objek 3D ditampilkan di dunia nyata, memberikan pemahaman visual yang lebih jelas. Para mahasiswa memanfaatkan Google AR secara online.
Aplikasi lain yang dicoba oleh para mahasiswa adalah Minecraft Education, yang merupakan platform yang digunakan sebagai alat pembelajaran kreatif untuk membangun simulasi lingkungan, eksperimen ilmiah, dan tugas kolaboratif yang relevan dengan kurikulum STEM. Minecraft Education membantu siswa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kerja tim. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa diminta untuk praktek membuat media pembelajaran dengan AR, dan menggunakan Minecraft Education dalam pembelajaran Biologi. Selama mencoba aplikasi ini, mahasiswa terlihat antusias dan semangat. Ada beberapa kelompok mahasiswa yang membuat media harimau, kucing, kelinci, jerapah, yang ditampilkan sebagai hasil produk yang dibuat.
Moh. Hisyam Ismail, Ph.D mengatakan bahwa, pentingnya mengeksplorasi teknologi baru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan pemahaman visual dan praktikal. “Sedangkan Minecraft Education berfokus pada bagaimana platform seperti dapat digunakan untuk memupuk kreativitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis proyek.”, tambah Muh. Furkan Mat Salleh, Ph.D.
Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada mahasiswa dan dosen tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran STEM. Hal ini juga mendorong pengembangan pendekatan inovatif untuk menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan. (ratna/witono).
Organisasi Mahasiswa
- Dewan Pertimbangan Mahasiswa
- Badan Eksekutif Mahasiswa
- Himpunan Mahasiswa Matematika
- Himpunan Mahasiswa Fisika
- Himpunan Mahasiswa Kimia
- Himpunan Mahasiswa Biologi
- Himpunan Mahasiswa IPA
- HANCALA (Pecinta Alam)
- Haska (Kerohanian Islam)
- SEKRUP (Teater, Seni)
- KSI MIST (Penelitian)
- BIONIC (UKM Pengamat Burung)
- MIPA Creativepreneur Club
Kepala, Sekretaris Layanan Administrasi, dan UUIK
Kontak Kami
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id
Copyright © 2024,