SD Bias Yogyakarta Belajar Matematika Asyik di FMIPA UNY

Departemen Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menerima kunjungan studi dari SD Bias Jl Kaliurang dan SD BIAS Palagan pada Kamis, 15/5/24 di Ruang Sidang 2 FMIPA UNY.
Kepala Departemen Pendidikan Matematika, Dr. Sri Andayani, M.Kom, dalam sambutannya memaparkan fasilitas-fasilitas di FMIPA UNY yaitu Gedung Perpustakaan Digital, Laboratorium Komputer, Gedung Kuliah, Laboratorium Microteaching,  beberapa program studi di FMIPA UNY khususnya Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Matematika dan Prodi Statistika, beberapa prestasi para mahasiswa FMIPA UNY .
“Dalam matematika kita belajar bagaimana cara membuat media pembelajaran dan bagaimana matematika itu menyenangkan. Hal tersebut untuk menarik motivasi para siswa dalam belajar, khususnya menjadi matematikawan dan guru matematika”, kata Sri Andayani.
Sementara itu, Kepala SD Bias Kaliurang, Ning Satiti Dwi Retna Sari, S.Pd.Si.,, mengatakan bahwa Matematika itu asyik, mudah.  Kunjungan kami ini bertujuan agar kami bisa mengevaluasi metode pembelajaran yang dapat diterapkan. Kami menyampaikan terima kasih kepada FMIPA UNY atas penerimaan kunjungannya untuk belajar di luar kelas (outing class), salah satunya menuju ke kampus-kampus yaitu FMIPA UNY.
Kegiatan dilanjutkan dengan permainan atau games bertema ‘matematika menyenangkan’, yang diikuti oleh para siswa SD Bias Yogyakarta kelas 3 dan 4. Yang pertama yaitu permainan “Atur Posisi”. Permainan ini berupa menirukan dan mengatur alur gambar dengan aturan gerak tertentu. Kemudian dilanjutkan dengan permainan “Gerak dan Ambil”. Permainan ini adalah mengatur token/makanan agar sulit dimakan lawan dengan aturan gerak yang ditentukan. Permainan matematika ini dipandu oleh Bambang Sumarno H M, M.Kom., dan Siti Kholifah., M.Pd. Bambang Sumarno mengatakan, tujuan permainan adalah computational thinking untuk melakukan tahapan dekomposisi, similaritas, focus pada informasi penting, dan algoritma. (Ratna/witono).