FMIPA UNY Memberikan Pelatihan Budidaya Maggot di Pengasih Kulon Progo

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) melaksanakan PPM di Padukuhan Serut, Pengasih, Kulon Progo pada Rabu, 1/5/24 di Balai padukuhan Serut. Tim PPM terdiri dari Prof. Dadan Rosana, M.Si., Dr. Ali Mahmudi, M.Pd., Dr. Pujianto, M.Pd., Dr. Tien Aminatun, M.Si., Allesius maryanto, M.Pd., dan Rizki Arumning Tyas, M.Pd. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah kerjasama antara FMIPA UNY dengan Kecamatan Pengasih.
Hadir pada kesempatan tersebut Panewu Anom (Sekretaris Kecamatan) Pengasih, Ernawati Handayani, Kepala Jawatan (Kawat) Kemakmuran ,Suheti, Lurah Pengasih, Kepala Dukuh Serut, Ketua RT/RW, dan warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Wanita (KWT) di padukuhan tersebut.
PPM mengambil tema Optimalisasi Pemanfaatan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) sebagai Agen Pengurai Sampah Organik dan Sumber Protein Ternak untuk Mewujudkan Keseimbangan Lingkungan dan Kemandirian Pangan. Presentasi disampaikan oleh pengelola budidaya maggot FMIPA UNY, Suhandoyo, MS dari Departemen Pendidikan Biologi FMIPA UNY.
Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNY, Prof. Dadan Rosana, M.Si., mengatakan, FMIPA merupakan bagian dari UNY yang pada tahun ini mulai melakukan program-program kegiatan yang menyatu dengan Masyarakat yang sebelumnya berfokus di ‘Kampung Emas’ wilayah Seyegan Sleman. Tahun ini UNY memperluas di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Selama ini kalau kami melaksanakan kegiatan PPM kurang terfokus sehingga menyebar dibeberapa daerah yang dampaknya tidak secara langsung bisa dinikmati oleh masyarakat. Hari Minggu 5 Mei 2024 bapak/ibu akan diundang untuk peresmian kegiatan-kegiatan UNY yang akan dihadiri Bupati Kulon Progo, Rektor UNY,  Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu (Ketua Karang Taruna DIY), dll. Kegiatannya diantaranya senam bersama, pembagian doorprize serta paket-paket bantuan, diantanta berupa paket  bantuan pendidikan, panti, dan lainnya.
“Kami salah satunya ada paket kegiatan pembelajaran masyarakat, khususnya dalam hal ini adalah bagaimana pemanfaatan sampah-sampah organik. Saat ini masalah sampah adalah masalah besar terutama diperkotaan tapi kalau dipedesaan mungkin masih ada lahan untuk sampah. Tapi lebih baik kalau sampah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, bahkan maggotnya bisa dijual sehingga lebih berdaya guna. Jika ini bisa dijalankan akan membantu program-program pemerintah dalam penanganan sampah”, lanjut Dekan.
Sementara itu, Ernawati Handayani menyampaikan terima kasih kepada UNY yang memberikan ilmunya kepada warga Serut. Kami merasa sangat diuntungkan dengan keberadaan UNY yang ada di Kalurahan Pengasih ini. Semua fakultas di UNY melaksanakan kegiatan diwilayah kami. Jadi silakan kepada warga untuk memanfaatkan sebaik-baiknya PPM dari UNY. Harapannya pelatihan-pelatihan yang dilakukan itu sesuai dengan kebutuhan Masyarakat sini.
Ernawati juga mengatakan, sampah memang menjadi masalah termasuk diwilayah kami. Walaupun di Kulon Progo sudah ada  tempat pembuangan sampah tapi sekarang sudah mulai penuh. Jadi pelatihan ini merupakan solusi dari masalah tersebut. Jadi silakan warga untuk memperhatikan, memahami dan mempraktikkan. Harapan kami setelah ada pelatihan juga ada pembimbingan sehingga ada manfaat secara ekonomi. (witono)