BECAK DENGAN GEAR GANDA

Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kendaraan beroda tiga yang digerakkan dengan tenaga manusia ini merupakan salah satu alat angkut yang potensial untuk mengangkut orang, hewan maupun dalam upaya pendistribusian barang-barang hasil pertanian. Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan tidak menimbulkan kebisingan. Jogja merupakan kota yang warganya masih banyak yang menggantungkan kehidupannya pada becak, dan sebagai kota pariwisata turis-turis mancanegara banyak yang mereka memilih becak sebagai alat transportasi untuk berkeliling Jogja. Selama ini becak yang sering dijumpai pada umumnya hanya mempunyai satu roda gigi sehingga mengakibatkan kerja yang dilakukan oleh tukang becak cenderung berat. Oleh sebab itu untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang dikeluarkan oleh tukang becak maka sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Azmi Wijayati, Tretya Ardyani, Susanti, dan Mariah Rihan Fasyir dari prodi kimia Fakultas MIPA UNY serta Subhan Nurkholis dari prodi pendidikan teknik otomotif Fakultas Teknik UNY merancang penerapan roda gigi sepeda gunung pada becak. Menurut Azmi Wijayati memodifikasi becak dengan pemasangan roda gigi seperti pada sepeda gunung ini  memungkinkan pengemudi becak untuk melaju pada jalanan yang menanjak dengan beban kayuh lebih ringan. “Kami berharap dengan aplikasi roda gigi ini dapat membantu kerja tukang becak dan semoga dapat menjadi ciri khas becak di Daerah Istimewa Yogyakarta.” kata Azmi. Tretya Ardyani menambahkan bahwa selama ini banyak limbah dari komponen-komponen sepeda gunung yang tidak terpakai dan tidak termanfaatkan. “Kebanyakan orang hanya menjual rongsokan sepeda gunung kepada pemulung dengan harga yang relatif murah.” kata Tretya, “Salah satu limbah dari komponen sepeda gunung yang kami manfaatkan adalah gear atau roda gigi. Sepeda gunung memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya.”
Secara teknis Subhan Nurkholis menjelaskan bahwa roda gigi berfungsi untuk meneruskan gaya dari poros penggerak ke poros yang digerakkan dengan mengubah putaran tinggi ke putaran rendah atau sebaliknya, sedangkan transmisi berfungsi untuk menjamin ketersediaan momen puntir yang dibutuhkan oleh kendaraan pada saat dijalankan. Shifter atau pemindah gear diletakkan pada stang kemudi becak yang terhubung dengan pemindah gear depan dan pemindah gear belakang yang bertugas memidahkan gigi. “Untuk pengendara yang mempunyai tenaga dan otot kaki yang kuat tidak menjadi masalah menggunakan gear depan paling besar dan gear belakang paling kecil, karena shifting dengan model ini akan memberikan kecepatan maksimum pada saat mengayuh becak.” ungkap Subhan. “Bila kita mengayuh becak dengan sistem transmisi dimana gear depan lebih besar dari gear belakang maka panjang lengannya menjadi panjang dan putaran yang dihasilkan menjadi lambat sehingga membutuhkan usaha yang ekstra, namun dengan posisi transmisi seperti ini daya tanjak akan lebih kuat” tutupnya. Kreatifitas mahasiswa ini membuahkan hasil dengan meraih dana DIKTI dalam Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi tahun 2011.